Bahkan, jika aku tak mampu berucap, apa hatimu mampu membaca gelagatku?

Sabtu, 30 November 2013

Kimia

23.31 Posted by Unknown No comments

Gas mulia ( noble gas) adalah kelompok unsur yang termasuk golongan VIIIA pada sistem periodik unsur. Unsur-unsur ini mendapat nama gas mulia dikarenakan pada awal penemuannya sampai beberapa tahun kemudian hanya ditemukan dalam bentuk murni tidak dalam bentuk senyawa.

Neil Bartlett, orang pertama yang membuat senyawa gas mulia. Dia mengetahui bahwa molekul oksigen dapat bereaksi dengan platina heksafluorida, PtF 6 membentuk padatan ionik [O 2 + ][PtF 6 –]. Oleh karena energi ionisasi gas xenon (1,17 x 103 kJ mol –1 ) tidak berbeda jauh dengan molekul oksigen (1,21 x 10 3 kJ mol–1 ), Bartlett menduga bahwa xenon juga dapat bereaksi dengan platina heksafluorida.

2. Sifat Fisika Golongan VIIIA / Gas Mulia
Gas mulia dianggap stabil karena memiliki konfigurasi elektron yang terisi penuh :
He : 1s2
Ne : 1s2 2s2 2p6
Ar : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6
Kr : [18Ar] 3d10 4s2 4p6

Gas mulia merupakan gas monoatomik, tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Argon, kripton, dan xenon sedikit larut dalam air akibat terjebak di antara molekul air. Helium dan neon tidak dapat larut dalam air, sebab jari-jari atomnya terlalu kecil hingga dapat meninggalkan air.

Sifat Kimia Gas Mulia

1) Bilangan Oksidasi +2
Kripton dan xenon dapat membentuk KrF2 dan XeF2 jika kedua unsur ini diradiasi dengan uap raksa dalam fluor. Xe (II) dapat bereaksi selanjutnya menjadi XeF4 jika suhu dinaikkan. XeF2 dan KrF2 berbentuk molekul linier dengan hibdridisasi sp3d

2. Bilangan Oksidasi + 4
Xenon(IV) fluorida dapat dibuat dengan memanaskan campuran xenon dan fluor dengan komposisi 1 : 5 pada tekanan 6 atm, dan menggunakan nikel sebagai katalis. XeF 4 mempunyai struktur bujur sangkar dengan hibridisasi sp3d2 pada suhu 400°C.

3) Bilangan Oksidasi +6
Hanya xenon yang dapat membentuk XeF6. Xenon (VI) fluorida mempunyai bentuk oktahendral (distorted).

4) Bilangan Oksidasi +8
Xe (IV) dapat dioksidasi menjadi Xe (VIII) oleh ozon dalam larutan basa. Xe (VIII) hanya stabil dalam larutan. Selain senyawa xenon, telah berhasil dibuat kripton fluorida, KrF2 dan radon fluorida, RnF2

0 komentar:

Posting Komentar